fbpx
6 Langkah Mudah Membuat Peredam (Silencer) Senapan Angin

6 Langkah Mudah Membuat Peredam (Silencer) Senapan Angin

6 Langkah Mudah Membuat Peredam (Silencer) Senapan Angin – Peredam atau yang disebut dengan silencer merupakan bagian yang penting dan tidak boleh terlupakan bagi senapan angin yang kita miliki. Apalagi jika kita ingin berburu di siang hari. Untuk berburu berbagai jenis burung, maka peredam atau silencer ini merupakan hal yang sangat penting hal ini dikarenakan kebiasaan burung yang selalu bergerombol tentunya akan berpencar ketika mendengar suara bising yang timbul dari senapan angin kita.

Atau bisa dibilang juga, sekali tembak akan kabur semua. Dengan menggunakan peredam super senyap dan sunyi yang telah terpasang pada senapan angin kita, maka harapannya adalah hewan buruan kita tidak akan bisa lepas dan kabur meskipun kita sudah menembaknya hingga jatuh atau mati.

Nah, apakah peredam ataupun silencer harus memiliki harga yang mahal untuk menjamin kesenyapannya? Tentunya tidak. Kita  masih bisa menggunakan peredam yang murah untuk mendapatkan kualitas senyap yang bagus.

Langkah Langkah Membuat Peredam Senapan Angin

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kita lakukan :

 6 Langkah Mudah Membuat Peredam (Silencer) Senapan Angin

  1. Pertama kita harus mempersiapkan paralon berbentuk logam yang terbuat dari besi atau alumunium. Untuk lebih mudahnya kita bisa membeli peredam dengan harga yang cukup murah yaitu sekitar Rp 25.000,-an.
  2. Kemudian, kita buka peredam tersebut baik dari satu sisi atau keduanya. Yang harus diingat adalah ada yang menggunakan ulir atau baut dan nada yang model sock. Jika diputar tutupnya tetapi tidak ingin berputar atau tidak ingin terbuka maka hal ini berati bahwa bisa diketahui model sock dan selanjutnya harus di beri lem. Cara membukanya yaitu dengan memanaskannya pada api dan masukkan besi yang berukuran panjang melalui salah satu sisi dengan posisi sedikit dimiringkan serta mengetuk menggunakan palu untuk membuka bagian tutup yang lain.
  3. Langkah selanjutnya adalah membuka sekat untuk peredam milik kita. Yang harus anda perhatikan adalah jangan sampai menggunakan sekat bawaan, akan lebih baik jika anda menggunakan sekat yang kuat. Lebih mudahnya lagi bisa menggunakan barang bekas seperti tutup bekas air mineral. Kemudian, lubangi bagian tengahnya tetapi jangan terlalu besar. Buatlah 2 sebanyak 2 sekat saja, maka nantinya akan ada 3 ruang di peredam milik kita.
  4. Berilah karpet untuk diletakkan di sekat milik kita tadi. Gunakan merk lem yang berkualitas seperti super gule untuk merekatkannya.
  5. Lalu, masukkan sekat milik kita, dan atur jarak dengan kisaran sama antara yang satu dengan yang lainnya.
  6. Yang perlu anda perhatikan, jangan beri alat apapun seperti karpet ataupun alat lainnya untuk paralon besi kita. Hal ini akan kami jelaskan sebagai berikut. Nah sekarang anda bisa mencoba peredam yang sudah anda buat, pastinya sangat senyap dan sunyi. Yang perlu anda ingat pula, anda harus mencari peredam yang berukuran panjang dan jangan sampai memilih yang berukuran pendek. Ukuran panjang sekitar 20 cm atau lebih. Jika yang kita dapatkan merupakan peredam yang berukuran pendek maka hasilnya akan kurang memuaskan.

Langkah-langkah mudah membuat peredam (silencer) senaan angin tersebut harus anda lakukan dengan baik dan benar. Hal ini agar menghindari kesalahan dalam setiap langkah dan mungkin anda juga bisa berinovasi sendiri, tetapi sebaiknya anda harus memahami terlebih dahulu cara kerja peredam atau silencer. 6 Langkah Mudah Membuat Peredam (Silencer) Senapan Angin

Hubungi CS kami untuk pemesanan senapan angin dan Chat konsultasi hubungi kami langsung klik benner WA di bawah ini.

Cara Kerja Peredam Atau Silencer

            Mekanisme atau cara kerja peredam yaitu memanfaatkan tekanan udara yang telah keluar dari laras dan pecah di dalam ruang peredam serta melalui 3 ruang sehingga bunyi yang dihasilkan akan menjadi senyap dan sunyi. Hal ini dikarenakan suara akan pecah ke dalam kolom satu. Gema atau pantulan bunyi dari kolom satu ini akan masuk ke dalam kolom 2, sedangkan sisa gema dari kolom 2 akan disenyapkan lagi di kolom ketiga. Akhirnya suara yang telah dihasilkan dari ujung peredam akan menjadi hilang dan hanya tersisa suara yang keluar dari ujung senapan saja.

Kesimpulannya

Dari penjelasan tersebut maka bisa disimpulkan bahwa semakin besar diameter peredam yang kita miliki, maka suara yang dihasilkan akan semakin senyap dan sunyi. Seperti halnya dengan ketika semakin panjang peredamnya, tetapi jika anda mengisinya menggunakan karpet, maka ruang yang terdapat dalam peredam kita akan terasa sempit begitu pula jika ruang antara sekat yang begitu sempit.

Yang harus diperhatikan yaitu kualitas sekat kita. Semakin keras bahan sekatnya dan semakin rapat, maka akan menghasilkan suara yang juga semakin bagus sehingga suara yang dihasilkan akan semakin senyap. Jadi kita sudah tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang untuk membeli peredam yang mahal.

Hubungi CS kami untuk pemesanan senapan angin dan Chat konsultasi hubungi kami langsung klik benner WA di bawah ini.

Kita bisa membuktikannya, ternyata harga peredam yang mahal tidak bisa menjamin hasilnya bagus. Bahkan ada banyak sekali peredam yang lebih bagus meskipun harganya murah. Semua karena kreativitas, dengan kreativitas maka kita bisa menghemat pengeluaran kita.

Kreativitas memang sangat mahal, tetapi action jauh lebih mahal. Maka dari itu jika anda memiliki ide, anda bisa langsung lakukan dan realisasikan ide anda agar sesuai dengan yang anda pikirkan. 6 Langkah Mudah Membuat Peredam (Silencer) Senapan Angin