4 Langkah Cara Menembak Dengan Baik & Benar

4 Langkah Cara Menembak Dengan Baik & Benar

 

  1. Pergilah ke tempat yang bisa memungkin anda untuk menembak dengan aman. Yang perlu anda ingat bahwa tembakan bisa mencapai jarak beberapa ratus meter dan bahkan bisa lebih jauh. Klup menembak dan lapangan tembak merupakan tempat yang sangat pas untuk memulai dan mempelajari dasar-dasarnya, Tembaklah beberapa clay untuk beradaptasi dengan senapan angin anda sebelum membawanya untuk berburu di hutan.
  • Jika anda sedang ingin berburu, anda harus memastikan kalau anda tidak berada di area milik pribadi, memilih musim yang tepat, dan mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku di daerah tersebut.

Senapan Angin PCP Predator Ghost Warrior

  1. Isi senapannya. Pertama, anda harus memastikan kunci pengamannya sudah terpasang. Jika anda mempunyai senapan yang berjenis “break action”, yang berati bahwa laras dan engsel popornya terbuka untuk dapat dimasukki peluru, balikkan pembukanya, yang biasanya terdapat di bagian atas di dekat pegangan bagian belakang senapan. Senapan tersebut akan menggantung terbuka, sehingga anda bisa memasukkan peluru ke dalam laras senapan. Katupkan kembali senapan angin yang telah diisi peluru tersebut dan biarkan pengamannya untuk tetap terpasang hingga anda siap untuk menembak sasaran.
  • Untuk senapan semi otomatis dan senapan angin pum-action (jenis pompa), ambilah peluru, arahkan peluru tersebut hingga ujung kuningannya  menghadap ke  bagian senapan, tangkupkan di tangan anda, dan masukkanlah ke dalam lubang peluru di depan pengunci pelatuk. Anda pun bisa mengisi 3 sampai 5 peluru kedalam senapan ini. “Memompa” senapan artinya adalah mengisi pelurunya. Atau, anda bisa menarik pompanya ke belakang, yang akan membuka pintu geser pembukaan peluru dan memasukkan satu peluru dalam satu waktu. Menggerakkan pompa kembali ke depan maka akan mengisi senapan tersebut.
  • Anda hanya cukup isi senapan jika anda dalam posisi menembak. Anda juga harus memastikan kalau pengamannya terpasang hingga anda siap untuk menembak.4 Langkah Cara Menembak Dengan Baik & Benar
  1. Jika anda sudah siap menembak, maka tarik pelatuknya dengan lembut. Dengan senapan yang mengarah pada sasaran dan dalam posisi menembak, popor menempel dengan erat di bahu, bukalah kunci pengamannya dan tariklah pelatuknya.

Senapan Angin PCP Predator Bocap Monolite 500cc

 

  • Kesalahan umum yang terjadi ketika mulai berlatih yaitu menutup mata ketika menembak atau menyentakkan senapan keatas dengan menarik pelatuknya dengan kasar. Jagalah kedua mata anda untuk tetap terbuka supaya memberi anda “gambar pandangan” yang bagus, yang berarti anda bisa fokus pada sasaran bergerak yang berusaha  untuk bisa anda tembak dan tetap mempertahankan panjajaran pandangan yang baik (tempat bidikan di dalam aperture). Tendangan dari senapan angin (shotgun) jauh lebih kuat dibandingkan dengan rifle (senapan yang laras dalamnya memiliki bentuk spiral), maka anda harus membiasakan diri. 4 Langkah Cara Menembak Dengan Baik & Benar

Senapan Angin PCP Bullpup Pulsar

  1. Tingkatkan akurasi tembakan anda. Hal yang paling sulit dalam menembak clay adalah bahwa anda perlu mengimbangi kecepatan dari sasaran anda, maksudnya yaitu anda harus menembak di depan sasaran dan bukan tepat pada sasaran anda. Anda juga harus mengimbangi “penyebaran” dari senapan angin anda yakni jangkauan tembakan setiap peluru. Pelurunya mempunyai jangkauan yang sangat lebar, yang berarti bahwa anda harus membidik di sekitar sasaran, sehingga anda sudah tidak perlu mengarahkannya langsung ke sasaran anda. Karena alasan ini, maka anda harus memastikan bahwa anda mempunyai ruang yang cukup luas tanpa ada sesuatu di belakang sasaran yang akan anda tembak. Klub menembak merupakan tempat yang paling aman.
  • Biarkanlah sasarannya lewat sebelum anda mengarahkan senapan angin ke garis lewatnya sasaran, dengan mengayunkan senapan di garis yang menjadi lewatnya sasaran. Arahkanlah ke tepi  depan sasaran dan tarik pelatuknya. Kemudian terus ayunkan dan senapannya akan berada tepat di depan sasaran. Anda harus fokus pada target, ikutilah gerakannya, tahan senapan di posisinya untuk menarik napas sebelum anda akan menurunkanya, lalu kuci pengamannya, dan selanjutnya periksa tembakan anda. Semua proses ini hampir mirip dengan memukul bola golf yang dimana anda harus pandang bolanya, melakukan ayunan yang baik dan kemudian mengikuti gerak bolanya. 4 Langkah Cara Menembak Dengan Baik & Benar