4 Jenis Senapan Angin Yang Ada Di Indonesia

4 Jenis Senapan Angin Yang Ada Di Indonesia

4 Jenis Senapan Angin Yang Ada Di Indonesia  –  Banyak sekali jenis senapan angin yang ada di indonesia. Mulai dari senjata api seperti pistol, shotgun dan masih banyak lagi. Para pemburu hewan sudah pasti tidak asing lagi dengan senjata yang satu ini. Karena senapan angin merupakan senjata yang sering digunakan oleh para pemburu untuk berburu hewan seperti babi hutan, rusa, tupai dan lainnya. Para pemburu lebih memilih senapan angin sebagai senjata untuk menemaninya berburu karena banyak sekali kelebihan senjata ini dibandingkan dengan senjata yang lainnya. Salah satu kelebihan senapan angin adalah mampu menembak dari jarak yang cukup jauh sekitar 100 m. Kelebihan lainnya adalah senjata yang satu ini sama tajam dan pedihnya ketika menusuk kebadan hewan yang akan ditembakkan.

            Banyak yang bilang bahwa senjata api jauh lebih unggul daripada senapan angin. Sebenarnya, memang kedua jenis senjata ini sangat berbeda. Senjata api umumnya digunakan untuk perperangan, menembak seseorang dan lainnya. Namun bukan berarti senapan angin tidak bisa digunakan untuk perperangan. Bahkan senapan angin ini sangat dibutuhkan ketika ada peperangan. Bahkan yang lebih berbahaya lagi senjata ini semakin  berkembang hingga bisa membunuh seseorang. Jadi jangan pernah meremehkan senapan angin ini. Di indonesia pun senjata ini terus berkembang. Saat ini banyak sekali berbagai jenis senapan angin bisa anda temukan diindonesia. Setiap jenis senapan angin tentunya memiliki kegunaan dan spesifikasi yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa jenis senapan angin yang ada di indonesia.

  1. Senapan Pegas

Senapan pegas merupakan salah satu senapan angin yang paling populer dan paling sering digunakan ketika berburu  di hutan. Cara kerja senapan ini hampir sama dengan senjata api. Penggunaanya adalah harus dikokang terlebih dahulu bagian bawah senjatanya. Karena senapan ini membutuhkan kompresi udara yang tujuannya yaitu untuk mendorong peluru yang keluar dari senjata itu sendiri. Senapan ini sangat cocok digunakan untuk menembak burung baik burung yang berukuran kecil ataupun burung yang berukuran besar. Senapan pegas ini dibagi menjadi 3 dalam proses penembakan yaitu :

  • Menembak dari bawah
  • Menembak dari sisi
  • Menembak dari atas

Yang dimana ketiga proses penembakan tersebut berfungsi untuk melihat target hewan yang ingin anda tembak.

  1. Senapan Gejluk

4 Jenis Senapan Angin Yang Ada Di Indonesia

Siapa yang tidak mengenal jenis senapan angin yang satu ini. Senapan gejluk ini mampu mengeluarkan peluru yang banyak sekaligus karena senapan ini berbeda dengan jenis senapan angin yang lainnya. Yang menjadikan senapan gejluk ini spesial adalah senapan ini mempunyai tekanan yang cukup tinggi. Senapan ini cocok digunakan untuk berburu hewan yang berkulit tebal dan tidak bisa dibunuh dengan hanya satu kali tembakan seperti misalnya tupai, tupai dan hewan lainnya. Karena hewan-hewan tersebut mempunyai ketebalan tubuh yang berbeda. Tetapi jangan sampai menggunakan  senapan ini untuk menembak burung seperti burung elang walaupun dapat mengeluarkan beberapa kali peluru tetapi senapan ini tidak akan pernah menebus badan dari elang tersebut. Senapan gejluk ini termasuk dalam kategori senapan angin PCP yang dimana cara kerjanya dipompa berkali-kali kemudian bisa menembakan beberapa peluru. Berbeda dengan jenis senapan angin yang lainnya yang hanya bisa sekali pompa dan mengeluarkan satu peluru saja.

  1. Senapan tabung gas

Senapan Angin PCP Predator Ghost Warrior

Dilihat dari namanya senapan ini begitu aneh, tetapi yang menjadikan senapan ini spesial adalah kecepatan peluru dan daya tajam dari pelurunya. Sebenarnya senapan ini hanyalah senapan yang biasa tetapi ditambahkan dengan tabung gas. Tabung gas disini bukanlah tabung gas elpiji tetapi tabung gas yang disematkan dalam senapan tersebut. Senapan tabung gas ini banyak digunakan oleh para pemburu professional karena senapan ini merupakan senapan terbaik dikelasnya. Berbeda dengan jenis senapan angin yang lainnya, senapan ini mampu menebus kulit hewan yang tebal. Kelebihan dari senapan tabung gas ini yaitu mempunyai daya tembakan jarak jauh antara 75 – 100. Maka dari itu senapan ini direkomendasikan untuk para pemburu professional. Senapan tabung gas termasuk kedalam senapan PCP. Jenis senapan ini merupakan jenis senapan yang paling besar psinya yaitu mencapai 2000 sampai 5000 psi. Psi merupakan tabungan angin internal yang terdapat dalam senapan tersebut.

  1. Senapan Uklik

4 Jenis Senapan Angin Yang Ada Di Indonesia

Senapan angin ini merupakan senapan angin yang terlaris di Indonesia karena memang tidak begitu bahaya dan penggunaanya pun tidak terlalu dilarang di indonesia. Harga senapan uklik ini pun tegolong sangat murah yaitu sekitar 150 sampai 200 ribu rupiah. Hal inilah yang menjadikan senapan angin ini paling laris dipasaran dan banyak sekali penggunanya serta senapan uklik ini sangat berbeda dengan senapan tabung gas yang hanya mempunyai fps kurang dari 1000. Jadi senapan ini tidak terlalu bahaya apabila terkena seseorang mungkin hanya luka yang ditimbulkan.

Demikian ulasan kami tentang 4 jenis senapan angin yang ada di indonesia. Semoga bisa menjadi referensi untuk anda dalam memilih jenis senapan angin. Tetapi anda harus tetap mengikuti peraturan yang berlaku di negara tersebut. 4 Jenis Senapan Angin Yang Ada Di Indonesia